Latest News

Bisnis Dalam Genggamam

Bisnis Dalam Genggaman Anda Dunia Teknologi Masa Kini


Handphone telah berevolusi menjadi perangkat multi media bernilai tinggi untuk kebutuhan digital penggunanya. Dari segi penamaan, handphone telah berubah nama menjadi smartphone. Ya, telepon pintar.

Tidak hanya untuk bicara dan mengirim pesan saja, tetapi ponsel juga pintar untuk bisnis. Bahkan tanpa bantuan alat digital lain seperti komputer atau laptop, seseorang bisa total berbisnis. Hanya dengan mengandalkan smartphone dan paket internet, produk terjual, dan uang mengalir ke rekening



Hal yang berkaitan dengan kekuatan smartphone dalam menunjang bisnis di antaranya adalah

Fitur Kamera

Smartphone zaman sekarang mampu menghasilkan resolusi tinggi untuk potret obyek gambar yang berkaitan dengan produk atau panorama. Aplikasi editing gambar membuat kita bisa memoting (crop) atau menambahkan efek-efek tertentu, semisal efek vintage, lomo, black and white dan lainnya. Gambar bisa kita atur sebelum digunakan untuk publikasi bisnis.

Aplikasi Perdagangan & Update Website

Website marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Ebay, Alibaba, OLX sudah merilis aplikasi berbasis Android atau iOS agar mudah diakses melalui smartphone. Kemudian, sistem CMS website seperti WordPress juga menyediakan aplikasi untuk mempermudah upload produk melalui smartphone. Kita tidak perlu lagi komputer atau laptop besar untuk publikasi produk bisnis.

Aplikasi Berita dan Informasi

Untuk mendukung akurasi dalam bisnis, kadangkala kita perlu mencari tahu informasi tertentu, seperti kurs mata uang atau keadaan ekonomi, politik dan keamanan dalam negeri atau negara tertentu. Aplikasi browser dalam smartphone seperti Safari atau Chrome siap melayani kebutuhan ini.

Aplikasi Email

Komunikasi data teks dan gambar melalui email adalah hal wajib bagi pebisnis. Email gratisan Yahoo dan Gmail bisa ditanam dan digunakan dalam smartphone. Email pribadi yang berbayar pun tidak mau kalah, sangat bisa diakses menggunakan smartphone. Disarankan menggunakan email pribadi untuk bisnis, karena lebih kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan.

Aplikasi Office

Pertukaran data melalui email atau aplikasi pesan (messanger) biasanya menggunakan dokumen docx, odt, xlsx, dan pdf. Sistem operasi smartphone sudah disiapkan untuk membuka dan mengolahnya kembali seperti Microsoft Office Mobile, Kingsoft Office, Office365, dan lainnya. Maka selanjutnya untuk urusan membuat atau membaca surat resmi berbentuk doc atau pdf tidak perlu di laptop lagi. Smartphone saja cukup!

Aplikasi Messanger

Bisnis tidak bisa lepas dengan komunikasi. Selain suara, kadangkala orang lebih suka komunikasi berbasis teks, audio dan video. Smartphone bisa mengakomodir keperluan tersebut dengan menanamkan aplikasi Whatsapp, BBM, Line, Skype, Yahoo Messanger. Semuanya adalah aplikasi chat populer yang bisa digunakan sewaktu-waktu, semisal bila mau menagih pembayaran, mengingatkan jatuh tempo pembayaran, dan lain-lain.

Aplikasi Peta

Dengan fasilitas Google Map, penjual bisa mengetahui lokasi konsumennya. Itu contoh bila ingin terapkan Cash On Delivery pada bisnis. Kemudian, bila ingin berpergian untuk meeting bisnis ke suatu kota, semisal awalnya cukup ngeri dengan potensi pasar Jakarta, maka aplikasi peta cukup membuat pebisnis percaya diri untuk blusukan tanpa bertanya ke orang-orang. Dulu, malu bertanya akan sesat di jalan. Kalau sekarang, sering bertanya akan malu-malu’in.

Aplikasi Perbankan

Goal dalam bisnis adalah cash flow, yaitu aliran uang. Ada uang masuk dan ada uang keluar yang bisa dilakukan dan dilihat sendiri, tanpa harus pergi ke bank untuk sekedar cetak buku tabungan ataupun kirim uang. Cukup gunakan aplikasi perbankan yang disediakan oleh bank Anda untuk lakukan cek saldo, cek mutasi dan kirim uang.

Jadi, siapkah mendigitalisasi bisnis Anda?

Oleh Hendra W Saputro (BOC Indonesia)

@idboc | www.boc.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Toko Bagus | tokobagus Designed by Templateism.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh rion819. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Gooyaabi Templates