Prediksi Dunia Marketing Online Di Tahun 2016 Sangat Mengejutkan
Sudah memasuki tahun 2016, Anda harus memahami hal yang berkaitan dengan dunia marketing online di tahun 2015 sebagai bahan evaluasi untuk persiapan diri menjadi pemenang di tahun ini.
Hal-hal berikut ini perlu menjadi perhatian Anda untuk mempersiapkan strategi marketing online bagi publikasi sebuah produk atau jasa.
Mesin Pencari
Seperti dilansir business.com, Google telah menguasai 63,9% lalu lintas pencarian di internet. Sisanya dikuasai oleh Bing dan Yahoo. Kehadiran website kita di mesin pencari bisa menjadi potensi untuk meningkatkan omzet. Mulai panasi website dengan sering update beri artikel yang berkaitan dengan profil usaha Anda.
Mobile vs Desktop
Sejak Mei 2015, lalu lintas internet lebih banyak diakses menggunakan perangkat mobile yaitu smartphone dan tablet. Menurut statista.com, sebanyak 52,7% internet diakses orang melalui perangkat mobile. Alogaritma Google juga memberikan kesempatan pada website yang mobile friendly untuk tampil di hasil pencarian. Sudahkah desain website Anda mobile friendly?
Media Sosial
Kembali menurut statista.com, media sosial adalah tempat paling populer untuk aktivitas online. Hampir lebih dari tiga perempat pengguna internet dunia mengunjungi Facebook sebagai pemimpin pasar media sosial. Secara keseluruhan hampir 73% pengguna internet mempunyai akun di media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram dan lain sebagainya. Jaringan pertemanan dalam media sosial adalah kekuatan kepercayaan yang akan mempermudah penetrasi sebuah brand. Gunakan media sosial untuk mempertajam kepercayaan brand Anda. Bedakan antara akun personal dengan akun brand perusahaan. Facebook sudah menyediakan fasilitas bernama Fanpage, kemudian Google sudah menyediakan Google+ Page. Jadikan usaha Anda terverifikasi oleh Google sehingga bisa mencantumkan lokasi usaha dalam Google Map. Lokasi usaha yang terverifikasi dalam Google Map akan muncul di hasil pencarian yang berkaitan dengan usaha Anda.
Viral Video
Video yang bisa hasilkan kekuatan viral adalah diunggah ke Youtube, Facebook dan Instagram. Mulailah berpikir untuk menciptakan video yang menarik dan berpotensi tersebar di dunia media sosial. Jangan lupa untuk menyisipkan brand Anda di dalamnya agar punya efek publikasi.
Marketplace
Pasar online khususnya Indonesia tengah gencar digempur oleh iklan portal jual beli online di mana para pembeli dan para penjual berkumpul di satu tempat. Portal itu ibarat mall yang ditempati oleh para pedagang. Perbedaan nya adalah para pedagang itu bisa menjajakan produknya tanpa bayar kepada pemilik portal. Kemudian sistem pembayarannya melalui satu pintu, yaitu dikelola oleh pemilik portal. Jika Anda mempunyai produk, tidak perlu sewa etalase di mall sungguhan. Bukalah toko di portal marketplace tersebut sebagai upaya meningkatkan omzet. Portal itu bisa ditemukan online di tokopedia.com, bukalapak.com, mataharimall.com dan lain sebagainya.
Oleh Hendra W Saputro (BOC Indonesia)
@idboc | www.boc.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar